Bocoran Simpananku

Simply Grow Up

Code is Poetry

leave a comment »

Hari ini sudah hari ke 5 aku mulai posting apapun di blog ini. Pengalaman, pendapat, ide, dsb aku ceritain selama 5 hari bertrut-turut. Cukup berat memang. Maklum, ada aja alasan untuk tidak nge posting tulisan di blog. Ga punya ide lah, ga ada kata-katalah. Sampe ga ada internet pun jadi alasan.
Sekarang hari rabu, dan aku aku sedang membikin tulisan. 4 tulisanku yang terakhir aku tulis di gadget. Cuma di hari pertama aja di web browser. Dan itupun nulisnya cuma 20 menit di penghujung malam. Nggak papa, yang penting konsisten.🙂
Menurut saya, menulis itu tantangan. Kita di challenge untuk mengeluarkan kata dan informasi yang pernah didengar maupun dilihat. Butuh kemampuan berbahasa yg baik agar orang lain paham yang kita maksut.
Saya pernah mengalami kesulitan yang berulang kali. Dan itu mengganggu saya. Contohnya, saya beberapa kali menghapus kata pada kalimat yang belum diselesaikan karena ragu-ragu. Saya bingung yang mau diutarakan itu apa, Ibarat main senam poco-poco, maju mundur. Jadinya butuh menit menit tambahan buat nyelesein satu alinea.
Contoh yang lain seperti kesalahan penulisan atau biasa disebut typo. Saya sering mengalaminya. Akhirnya tulisan itu saya edit dan saya betulkan seketika itu. Efek negatifnya saya sering lupa apa yang mau saya tulis dan tidak fokus pada ide.
Saya sedikit sharing tentang hasil kursus professional writing skill. Bagi temen-temen yang ingin menulis untuk pertama kalinya, cobalah tips berikut:
1. Latihan mengetik kalimat kalimat dalam beberapa menit. Gunanya untukmelatih otak mengeluarkan kata tersembunyi yang jarang dikeluarkan. Dengan catatan kata yang telah ditulis tidak boleh dihapus.
2. Apabila ada typo, hiraukan saja. Tulis apa yang muncul dipikiran pada saat itu, agar tidak kehilangan moment.
3. Tips yang terakhir, setelah menuangkan semua kata-kata, mulailah evaluasi dari awal hingga akhir dengan memperhatikan letak kalimat utama setiap paragraf.🙂

Setiap orang punya ciri khas sendiri dalam menulis. Thats why almost people called code is poetry. Kode adalah sebuah puisi. Anda punya cara sendiri untuk berekspresi.

Selamat menulis.

Written by bn03

August 21, 2013 at 3:52 pm

Posted in Ceritaku, renungan

Tagged with , ,

Leave a Reply

