Bocoran Simpananku

Simply Grow Up

di Malang 2 Malam

with 3 comments

Ibukku baru pulang ngajar dari sekolah sebelah, adikku juga baru pulang sekolah ma temennya naik sepeda, n Bapakku masih keringetan habis pulang kerja. hmm,Senin yang melelahkan.. begitu juga aku yang hanya duduk di belakang kaca jendela rumah. Praktis selama 8 jam sehari aku jadi home keeper alias penjaga rumah sendirian(mekso). Udah berhari-hari aku ditugasi, tapi aku sering bosen, bahkan mudah ninggalin rumah semisal gak ada temen-temen kecil sebelah rumah. Mereka cukup menghibur. Nangis, ketawa, ngomong gak jelas (namanya juga anak kecil),dll bisa jadi obat mujarab buatku. but it’s not the main point.

Setelah personil sweet home pada pulang, aku berkemas buat 3-4 jam perjalanan ke Kota keripik tempe yang penuh kesan. baju 1,buku2 tutor-nya Farazz,kompie,dan sarung ku masukkin Red Exsport. Uang saku cukup buwat 2 hari makan + Ongkos PP aku bawa. Rencanaku di sana hanya 1-2 hari,tidak lebih.

Ba’da Ashar bapakku manasin si supra, sambil nunggu aku selese sholat. Cukup panas di rumah. terpaksa aku berangkat cuma pake kaos oblong, sweater coklat gak ku bawa. “Assalamualaikum”,pamitku. Bapakku nganter sampai pasar yang kira-kira 200 meter dari rumah. Di Depan pasar udah nunggu bus Margodjojo jurusan Bojonegoro-Surabaya. Bus ijo itu tampak terlihat miring ke kiri. Aku lihat ban samping sedikit kempos. Tampak seseorang bertopi yang memegang karcis berlari sambil menyuruhku cepet masuk. Spontan aku meloncat masuk ke bus. Aku sadar bus mau berangkat karena ada bus lain yang datang bergantian nge-time.

Bus berjalan perlahan, si kondektur sesekali clingak-clinguk keluar jendela bus,dan aku pilih duduk di bangku paling belakang bersama 2 orang lainnya. Sebelah kiriku pak Petani yang udah sepuh sambil megang rokok tingwe-nya, n sebelah kananku mahasiswa gaul mode rambut ala vokalisnya naff(mekso). “Boyo.. Boyo..”,Teriak si kondektur. Suara yang khas di telingaku. Mendadak bus berhenti. perjalanan baru 10 menit kok sudah berhenti, ada apa ni? e eh, ternyata mompa ban samping. hayyah, kok nggak dari tadi seh. 1o menit ada suara aneh,”dung.. dung..”,ternyata suara ban yang sudah keras dipukul. “Yoww…”,teriak si kernet ngajak berangkat.

Perjalanan dimulai lagi, kondisi di dalam bus makin bergoyang karena ban tambah atoz. puncaknya pas ada jembatan yang tidak rata. Dasar si Sopir edan, dia gak ngurangin sedikitpun kecepatan bus. alhasil kita(personil yang duduk di buritan) kompak terlontar sambil berpose orang yang habis wisuda. 3 Kali kita terlontar kayak gini. Anehnya kita nggak marah, bahkan cengengesan plus mikir pose model apa yang bakal dipajang nanti. hahaha🙂. 40 menit lebih, akhirnya aku sampai di Romo Kalisari dan disana nampak kernet bus Surabaya-Malang yang siap menjaring CJP (Calon Jamaah Perjalanan). Aku ngelirik pinggang bus putih itu tertato besar bertuliskan Jaya Utama. Ganass..😀. Bus berangkat setelah 10 menit-ngetime.

br..br.. bulu kudukku berdiri, aku duduk di kursi bus sebelah kiri nomer 3 dari depan sambil melipat kedua tangan yang hampir mati rasa. Ya! aku baru sampai di Purwodadi yang turun hujan setelah beberapa jam perjalanan tanpa jaketan. Maklum, udah 3 bulan ini aku berdomisili nomaden, Lamongan n Surabaya. aku baru ingat, rencanaku yang fluktuatif memaksaku berangkat hari senin sore. Padahal aku sudah memasang target++ sebelumnya di Surabaya, kalau aku ketemu dosen hari senin, aku bisa berangkat kesana hari minggu siang sekalian maen ke Erri. So, aku bisa ngurus somting di kampus sambil ketemu teman2. E eh, ternyata plan yang nancap di otak belakangku gagal, dosenku masih sibuk, beliau menyarankan ketemu hari selasa saja. Sorri teman… Janjian nya mundur dulu sampai nanti malam (senin malam).

Alhamdulillah, cuma kedinginan aja setiba di Arjosari. Tapi dinginnya tambah sipp rek. Maknyess.😛 ke kos jalan kaki cuma 5 menit, pas ketok pintu, keluarga kos pun sontak kaget ma kedatanganku. kok tiba2 muncul, ada apa ini. Setelah sungkem n dikit basa-basi, aku baru bisa mandi. Mantap.. jam 7 Malam mandi di Malang,Beda ama di surabaya yang habis mandi terus keringetan lagi😀. Acara mandi dilanjutkan sholat jamak ta’khir. selesai sholat tiba2 si Erri Telpon. “Gimana Jol, Wes nyampek ta durung?”,tanya dia. “uwes, mreneo nak kosan, tak enteni”,jawabku.

Tunggu punya tunggu, Erri datang nunggangin Shogun SP berknalpot sangar. Suaranya bikin orang gak bisa tidur. Gak pake’ basa basi, kita cabut. ternyata di jalan kita bingung. Enaknya mo pergi kemana. Walah, ku pikir ke kos mu + liat komputermu yang error. dia bilang udah diperbaiki sama si Bokir a.k.a Bayu Kurniawan. yo weslah, ayo muter2 ae. erri punya ide. “PS-an ae ya?tanganku gatel kiy..”, ajak erri. “Oyi”,jawabku. kita PS-an sampek jam 10 malem di perumahan arjosari. aku kalah telak 4-1. sisanya seri. Wiks.😦

Esok Pagi, sekitar jam 8.30 aku berangkat ke kampus. Pas lewat Bima Hall, beberapa bus plat nomor asing berjejer. ternyata di depan technopark yang berspanduk lomba Game depdiknas ada gerombolan anak SMK berwarna ungu. SMK mana ya? aku jalan lurus langsung ke gedung TI, tanpa liat apa yang mereka lakuin. Sampai di geudng TI, beberapa menit berdiri di papan pengumuman yang sepi info, aku langsung ke atas nemuin dosen. lah kok, dosennya lagi mbukak pelatihan JENI di gedung SGB. terpaksa nunggu sambil ngenet.

Hampir sejam aku nunggu,beliau gak datang2. Mending aku susul aja kesana batinku. beresin laptop + ngemil dikit di kantin baru aku kesana. Aku lihat seorang berdiri di depan SGB. Pandanganku tak pakai kacamata terlihat kabur. Aku berjalan mendekat. ternyata beliau dosen yang kucari. Langsung gak pakai basa basi aku ngomongin masalah ijinku. lah dalah, aku yang mikir urusan ijin cuti kuliah bakal ribet urusan gono gini kayak ngurus kertas kuning dll, ternyata diganti ngomong 5 menit beres. glodax, tapi alhamdulillah udah dikasih lancar.

Urusan ijin udah selese, praktis langsung pulang ke kos, bisa tidur/nonton tivi. Cukup boring juga gak da temennya. Temen2 di Malang pada Kuliah n kerja siang ni. ide iseng muncul,ngirim sms gak penting ke Panda anak FE Unibraw ngabarin kalo dah di Malang. dia bales, klo bisa maen bentar ke kosnya. Sorenya aku ajak si Erri ke sana. dia mau asalkan kita PS-an lagi. Si Erri datang ke kosku ba’da maghrib. dia langsung ngajak makan di depan terminal, perutnya udah nyanyi. Pas makan, ada info dari panda, kayaknya dia gak bisa ketemu malam ini soalnya ada urusan. Ya wes, erri bersemangat langsung ngajak cepet2 PS-an lagi. fiuhh.. jari2ku sampe ngapal. kita PS-an sampek jam 21.30. di tempat yang sama.

Esok Paginya, aku kemasi barang2ku, siap paginy pulang ke LA. Mandi, Masukin baju, sarung, kompie, kardus hape, kopyah. Aku pergi ke belakang nemuin Ibuk kos, buwat pamit pulang n pamit yang lain. ternyata ibuk kaget, kok cepet klo pulang. Beliau sempat2in bikinin aku teh hanget. Ibuk kosku ini mungkin bu kos paling baik di Arjosari. dulu pas masih kuliah, kita sering dikasih sarapan,jajan,teh hanget,kopi panas,air minum dll gratis.. Pahalanya gede banget. Alhamdulillah. Tiap temen-temen maen ke kos, mesti komentar keheranan. “Bu kosmu kok baik banget seh nu..”, “Awakmu kok isok oleh kos ndek kene?”.
Selanjutnya aku pamit ke mbah kaji yang jualan di warung depan. mbah juga nampak keheranan, kenapa aku buru2 balik ke lamongan. aku njelasin sebentar, beliau langusng mengerti, n sambil mendoakan biar selamet sampai tujuan. Kemudian aku balik ke kos, tiba2 ibu kos bilang,”jangan pulang dulu,tak belikan tempe kacang sebentar”. “ndak usah buk, nanti merepotkan”,paksa ku. akhirnya beliau mengurungkan niatnya dan aku cepet2 ngambil tas biar langsung pulang n nggak ngerepotin bu kosku lagi.

Pas Jalan kaki ke Arjosari, aku di panggil dari belakang. Ternyata si Ikromi angkatan 10 sama temenya juga mau pulang tapi mereka naik motor. Basa basi dikit keluar lagi. ngobrol kita nggak lama, soalnya mereka buru2 cepat pulang.

Setelah sampai di Arjosari, Aku liat bus Widji biru yang mo berangkat, tanpa pikir panjang aku berlari mengejar dan melompat masuk ke dalam. di dalam bus ternyata cukup sepi, hampir separuh isi bus yang diisi penumpang. No Matters, The bus must go forward.

Lamongan… I’m Comming…

Written by bn03

November 23, 2007 at 3:36 am

Posted in Ceritaku

3 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. “Boyo.. Boyo..”,Teriak si kondektur. Suara yang khas di telinga
    [benu]: Lho, boyo-nya khan saya om!
    [kondektur]: Oh iyo, Boyo-nya sudah naik bus.

    Boyo koq nang suroboyo….😛
    *piss and cool yo.. eh yob😛

    zein

    November 23, 2007 at 2:45 pm

  2. he:gw crito sing apik ndek tulisan y ap? Opo kudu full deskripsi kyk novel?
    me:waduh kok takon aku?jwbe ya opo?em… menurutku tulisan sing apikiku iso ngefek nk wong ,misal kisah sedih iso garai nangis,tp iki tulsian fiksi lak sg laine …. Ga ruh
    me:awakmu wes turu a?sori ganggu,ak kiy lg ngeblog,judule cerita surabaya,critoe yo kejadian nak sby,aslie iku kocak bgt,cr penyampaiane rd angel😦
    me:sik durung turu kok. Em… be’e ga biasa nulis ato ga tau nulis sesuatu sg ga penting. Dadi angel nuangno ide. Haiyah sok teu, hehehe
    he:iyo,wes suwe g nulis.iki cerita ke2 dr skian tulisan,lainx tutorial+lirik+artikel.dadi iku mau solusine y ap? Mosok nyonto?-g seru lakan-
    me:yo wis plitat plitut wi ga nggennah yo semrawut. Kerja sama?nguruki nulis? La mang sg nak kono liane lg lapo
    he:plitat plitut?opo iku?semrawut ta?btw sori y ganggu,ja2l ndek kene enek arek sing iso djak krjsm, jd g ganggu liane
    me:yo ditulis ae critoe mulai awal smp akhir koyok ngomong.bosone plitat plitut gapopo,pokoke tokno kbh.br diwoco maneh terus dibenerno.ditambahi ta dikurangi
    he:sing miftah turu, gilang lg maen kompie tp rd angel lek d jak mslh ngene kiy he3x🙂 lek awkmu kan trbiasa mangan buku,dadi kenek bagi2 ilmu
    me:aku sik doyan sego.tp lak maem srg disambi moco buku,hehe.bagi2 ilmu yo.ndang ditulis critoe,ngko smsan idene ilang.hehe alasan,aku wis ngantuk,turu sik ya
    he:yoi trims, sori ganggu

    hasil konsultasine iki ta?

    tia

    November 27, 2007 at 4:06 am

  3. #1 : Boyo teriak boyo.. wooo😛
    #2 : nah ini.. komentarmu tu expresi kagum pa kecewa seh? kok gak da emoticonnya??😕

    bn03

    November 29, 2007 at 8:35 am


Leave a Reply

