Bocoran Simpananku

Simply Grow Up

Kompres Query dengan Array??

with 3 comments

Nih, da dikit tips untuk akses database ke Program aplikasi. Mungkin tips ini dah sdikit ketinggalan jaman, tapi mungkin juga ada gunanya bagi para dummies (seperti saya :D).

Misalnya, ada tabel siswa yang sederhana

+————————-+
| NIS | Nama | JK | *Misal, Kita pengen query untuk memisahkan siswa +————————-+ berdasarkan jenis kelamin.
| 123 | Bn03       | L |
| 234 | Kodew     | P | Untuk pemakain query : Select * from siswa where Jk=’P’
| 990 | Pakdhe    | L | dan query Select * from siswa where Jk=’L’;
| 110 | Silup         | P |
+————————-+

Query ini akan tampil aktif jika record tidak seberapa banyak,tapi pas datanya ribuan dan diakses secara client server, wih.. lamanya minta ampun!! bisa2 sampai 2 jam.. dengan spec komputer standart P4.

Untuk mengantisipasi query, bisa kita lakukan dengan sdikit t. pemrograman (saya coba dengan PHP). tu de poin aja ya.. ::
1. $que=”Select * from siswa”;
2. kita eksekusi query-nya –> $hasil=pg_query($que);
3. Tangkap deh hasilnya –> while($baris=pg_fetch_array($hasil))
{ $siswa_array [“$baris[jk]”] [“nis”] = $baris[nis];
$siswa_array [“$baris[jk]”] [“nama”] = $baris[nama];
}
4. Abis data dah masuk di array, kita pecah berdasarkan JK-nya.
$jk=”L”;
While(list=($induk,$data)=each($siswa_array[$jk]))
{ echo $data[“nis”].” | “.$data[“nama”] .”<br>”;
}
5. Looping yang sama untuk $jk=”P”;

CMIIW

Written by bn03

September 5, 2006 at 1:45 am

Posted in d-Base

3 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. gak ngerti aku boy….
    variabele mbulet.

    arey

    September 13, 2006 at 9:03 am

  2. apane sing mbulet?

    bn03

    September 13, 2006 at 1:44 pm

  3. Kiy sing gak ngerti:
    { $siswa_array [”$baris[jk]”] [”nis”] = $baris[nis];
    $siswa_array [”$baris[jk]”] [”nama”] = $baris[nama];
    }

    Karo iki:
    While(list=($induk,$data)=each($siswa_array[$jk]))
    { echo $data[”nis”].” | “.$data[”nama”] .””;
    }

    Terangno sing jelas yo, terutama mengenai index arrayna

    Souon banjet!

    arey

    September 19, 2006 at 12:55 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: