Bocoran Simpananku

Simply Grow Up

Sakit Gusi

with 18 comments

gusi sehat Gusi Sehat Gigi Senang [ Rewrite by bn03 ]—————-

KapanLagi.com – Penyakit gusi adalah satu peradangan yang dialami oleh gusi, yang selanjutnya bisa mempengaruhi tulang yang menopang gigi kita. Peradangan tersebut disebabkan oleh bakteri yang menjadi 'plak' gigi, lengket, dan lama-kelamaan akan melapisi gigi kita.

Maka, jika kita tak membersihkannya tiap hari, dengan menyikat gigi maupun flossing (membersihkan gigi dengan 'benang' gigi), 'plak' gigi kemudian akan makin terbentuk dan bakteri tak hanya menginfeksi gusi kita, namun juga membahayakan lapisan luar gusi dan tulang yang menopang gigi kita.

Ada beberapa tahapan timbulnya penyakit gusi :
1. Gingivitis

Ini merupakan tahap awal dari timbulnya penyakit gusi, peradangan disebabkan oleh 'plak' yang terbentuk di sekitar gusi. Jika pembersihan gigi yang dilakukan setiap hari tak mampu membersihkan dan mengangkat 'plak' yang terbentuk, hal itu bisa memproduksi racun yang bisa menyebabkan iritasi pada lapisan luar gusi, dan timbullah gingivitis.

Jika gusi kita berdarah saat kita menyikat gigi atau membersihkan gigi kita dengan 'benang gigi'. Pada tahap awal penyakit gusi ini, kerusakan lebih lanjut bisa diatasi, asalkan tulang dan jaringan luar gusi yang menyangga gigi yang terinfeksi tersebut masih belum terinfeksi juga.
2. Periodontitis

Pada tahap ini, tulang penyangga gigi dan jaringan yang menyangga gigi di tempat yang terinfeksi tersebut sudah mengalami 'kerusakan'. Gusi kita mulai membentuk 'kantong', yang akan menjadi 'perangkap' bagi makanan yang menempel dan 'plak'. Perawatan gigi yang rutin dan pembersihan sehari-hari yang dilakukan secara pribadi akan bisa mencegah kerusakan yang lebih parah.
3. Advanced Periodontitis

Pada tahap yang paling 'parah' dari penyakit gusi ini, jaringan dan tulang yang menyangga gigi telah hancur, yang mana hal ini bisa menyebabkan gigi tanggal. Hal ini sangat mengganggu kenyamanan gigi kita saat mengunyah, apalagi jika tak dilakukan perawatan yang rutin terhadap gigi. Sehingga pada akhirnya gigi harus dicabut, karena sudah rusak dan keropos.

Penyakit gusi dapat menyerang siapa saja, namun lebih sering terjadi pada orang dewasa. Jika hal itu bisa terdeteksi sejak awal, penyakit gusi bisa dihindari. Kita harus rutin memeriksakan gigi kita pada dokter gigi, jika kita mengalami gejala-gejala seperti dibawah ini:

– Gusi berwarna merah dan bengkak
– Gusi berdarah selama kita menyikat gigi atau melakukan flossing
– Gigi tampak lebih panjang, karena gusi tak lagi kuat menyangga
– Antara gusi dan gigi mulai ada jarak dan membentuk kantong
– Saat menggigit gigi goyang dan gusi terasa sakit
– Keluar nanah di antara gusi dan gigi
– Bau nafas kita tak sedap dan mulut kita selalu merasa tak nyaman
Jadi, Bagaimana Penyakit Gusi Dihindari?

Tahap awal dari penyakit gusi biasanya dapat dihindari dengan menyikat gigi dan flossing secara teratur. Menjaga kesehatan mulut juga akan membantu terbentuknya 'plak' gigi. Perawatan secara rutin oleh dokter gigi atau ahli kesehatan gigi yang lain adalah cara yang tepat untuk mengangkat 'plak' yang terbentuk dan kemudian mengeras menjadi 'tartar'. Dokter gigi atau ahli kesehatan gigi yang lain akan membersihkan potensi terbentuknya 'tartar', di atas dan di bawah gusi.

Jika kondisinya lebih buruk, perlu dilakukan prosedur perawatan terhadap akar gigi. Prosedur tersebut akan membantu gigi, agar mampu menghambat tumbuhnya 'plak'. Dengan perawatan secara berkala pula, tahap awal penyakit gusi bisa dideteksi sejak dini, sehingga menghambat kerusakan yang lebih parah. (bun)

Written by bn03

May 24, 2006 at 2:18 am

Posted in Healthy Stuff

18 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. saya mau nanya, apakah sakit gusi bisa menyebabkan sakit pada gigi???

    dona elfia

    April 29, 2008 at 6:59 am

  2. kayaknya bisa mbak..
    klo gusinya rusak.. bisa2 giginya cepet lepas

    (macak dokter)๐Ÿ˜›

    bn03

    May 2, 2008 at 12:13 pm

  3. assalammualaikum,saya zoela anis….saya mahu bertanya…bagaimana nak menghilang kan rasa sakit gigi dan gusi….saya mempunyai masaalah gigi berlobang dan gusi saya yang sakit sangat-sangat…tetapi alhamdulillah apabila saya megumur dengan AIR GARAM sebanyak 3 kali…kesakitan itu hilang sikit rasa nya….tetapi saya masih lagi merasa sakit…macam mana ni??????….saya mahu menghilang kan rasa sakit itu tolong laa saya ???????

    zoela anis

    May 2, 2008 at 4:14 pm

    • itu mah derita lo aza kalee

      metal

      September 24, 2012 at 8:06 am

  4. segera kedokter aja mbak..

    biar yg lubang segera di tambal๐Ÿ˜€ bisa bahaya tuh..

    fatto

    May 7, 2008 at 10:49 am

  5. ass!!!!!
    umur saya 19 thn, saya merasa sakit gusi atas dari gigi ujung. apa itu tanda akan jadi gigi?
    lalu saya sakit gusi gigi seri/depan karena mengigit makanan terlalu kuat. sampai sudah seminggu tetap ngilu. apa yang harus sya lakukan? thank ditunggu balesan secepatnya

    riska

    June 12, 2008 at 3:28 am

  6. bajol macak dokter ta?

    waduh, mal praktek bolak-balik nu….

    aridiwi

    November 27, 2008 at 7:24 am

  7. Askum
    Saya mau tnya,
    Gusi saya tu mLah skit gara2 sikat giginya trlalu kenceng,
    Akibatnya tu gusi saya naik,. Gigi Jadi kLiatan tambah panjang..
    SoLusinya gimana??

    Iyan

    August 12, 2009 at 3:17 pm

  8. assalamualaikum…
    met siang…
    saya mw nanya nih dan asngat mengharapkan solusi dari masalah saya…
    sudah beberapa kali saya mengalami sakit pada gusi kiri dan kanan yang paling ujung, kalau sudah sakit gusi bengkak dan denyut sampai pipi juga bengkak. denyut gusi tak mengenal waktu hingga menelan ludah dan berbicarapun susah sekali.
    pernah saya ke dokter gigi dan diberi resep yang berisi obat cataflam, vit c serta antibiotik. o ya gusi saya ga luka dan sakit bukan karena adanya luka.
    mohon solusi bagaimana menghilangkan sakit gusi tersebut. bisa juga send solusi tsb ke email saya : kurnia_lovely@yahoo.com
    jawabannya sangat saya tunggu.
    trim’s

    kurnia

    August 25, 2009 at 5:15 am

  9. tq

    Potter.Web.ID

    October 21, 2009 at 9:54 am

  10. Terlebih dahulu permisi kpd yg pux room, sy punya pengalaman menarik masalah sakit gusi dan gigi, sktar 2 ato 3 thn lalu sy sering gusi bengkak dan bernanah,suatu malam sy begadang nonton bola,nah pas sy klaparan kebtulan dirumah gak ada makanan, yg ada cuma susu kalsium milikx ibu,akhirx aku embat jg dan keseringan juga, tp setelah itu gak pernah lagi kambuh sakit gigi dan gusi bengkak, alhamdulillah sampai hari ini, skl lg trims kpd yg punya room dan smg pengalaman sy menjadi bisa dicoba sama tman2 dan smg bermanfaat sama spt sy.

    Yh

    May 30, 2010 at 3:43 am

    • terima kasih udah mau berbagi.
      salam kenal.๐Ÿ˜€

      bnu

      June 1, 2010 at 2:10 pm

  11. assalammuallaikum
    aq mw nanya kemarin gigiku dah ditembel,tp baru 3 hari kok sakit saya perhatiin gusi aq bengkak diatas gigiku yg ditembel…apa sebabnya kok bisa sakit klo aq mengunyah makanan…?jawabanya aq tunggu…makasi

    desy

    October 20, 2010 at 10:19 am

  12. Sakit gigi lom sembuh slama 3,5 bulan. Bgaimana cranya? Sakit lg gigi gusi bengkah

    Assalamu'alaikum

    December 16, 2010 at 4:58 am

  13. permisi. saya punya gejala sakit
    – rahang bengkak
    – nelen sakit
    – ngunyah ga kuat
    – pusing
    – badan panas dingin
    itu gejala sakit gusi kah ? terimakasih

    mardiansyah

    March 7, 2012 at 5:36 pm

  14. Gusi saya sudah bengkak dan mengeluarkan nanah, gigi saya pun sudah goyang dan terasa sakit sekali. Bagaimana cara pengobatannya, karena saya sangat menderita sekali.

    Siagian

    August 4, 2012 at 9:42 am

  15. Sy mau tnya kira-kira 6 bln yg lalu sy mncabut 2 gigi sy krna gigi sy sdh keropos, & sering skit smpai2 stiap kali skit gigi psti gusi sy membengkak.krna tggl akarnya sja akhirnya dokter memutuskan utk mncabut gigi sy.awal-awalnya sy merasa nyman,tp sudah 2bln ni gusi sy selalu skit minta ampun.bhkn tu trjdi stiap hr,bhkan stiap beberapa jam skali. Kira2 knpa ya dok? Apa krna wktu pncabutan dlu gusi sy pernah dijahit? Krna wktu tu luka cabutannya sgt lebar…
    Terima kasih

    Farydha

    August 21, 2012 at 1:36 pm

  16. permisi, salam..
    saya Rena, beberapa hari terakhir gusi saya sakit bengkak dan sering berdarah bila sedang menyikat gigi. apabila mengunyah makanan yg keraspun terasa sakit. bagaimana solusinya? apakah obat yg bisa mengobatinya? mohon bantuan teman-teman. thanks before, salam….

    Renata

    September 24, 2012 at 3:41 am


Leave a Reply

